Berapa Gaji Magang di Jogja? Cek Disini

Pelayanan Magang Jogja, Hubungi: WhatsApp 082136106209

Berapa Gaji Magang di Jogja Cek Disini
Berapa Gaji Magang di Jogja? Cek Disini

Hola! Apa kabar para pembaca? Selamat datang di website Kami. Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkait permasalahan Anda. Bingung dengan permasalahan terkait Gaji Magang yang sedang Anda hadapi sekarang? Mau masalah cepat selesai, tapi nggak tahu harus ngapain? Selamat Anda telah menemukan website yang tepat karena saat ini kita akan membahas mengenai Gaji untuk para pemagang. Tidak usah lama-lama mari langsung saja kita bahas.

Apa Itu Magang?

Magang adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diadakan secara sistematis antara pelatihan di tempat magang dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih mahi. Biasanya, pemagangan terbentuk atas dasar perjanjian antara pemagang dan perusahaan yang dibuat secara tertulis. Perjanjian tersebut berisi ketentuan hak dan kewajiban pemagang dan perusahaan, beserta jangka waktu pemagangan.

Apa yang Didapat Saat Magang

Beberapa manfaatnya yang perlu Anda ketahui adalah magang memungkinkan Anda untuk mendapatkan pengalaman kerja dunia nyata yang bermanfaat dalam karier Anda sebelum berkomitmen penuh pada kerja nyata. Magang juga memungkinkan Anda untuk mendalami keterampilan Anda di dunia kerja serta mendapatkan pengalaman langsung untuk ditambahkan ke resume. Program magang memungkinkan calon pekerja profesional membangun pengalaman kerja di lapangan untuk ditambahkan ke penilaian.

Dalam kegiatan magang, kita memiliki kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang telah dipelajari di bangku kuliah/sekolah dan mempelajari detail tentang seluk beluk standar kerja yang profesional. Pengalaman ini kemudian menjadi awalan dalam menjalani jenjang karir yang sesungguhnya.

Apakah Magang di Gaji?

Dalam peraturan menteri diuraikan bahwa karyawan magang memiliki hak untuk  mendapatkan uang saku dari tempat magangnya. Uang saku tersebut mencakup biaya transportasi, uang makan hingga uang insentif peserta magang. Hal ini juga dijelaskan pada Undang-Undang Ketenagakerjaan pasal 22 ayat (2). Tergantung pada posisinya, pemagang bisa jadi dibayar atau tidak.

Magang yang tidak dibayar merupakan hal yang biasa, terutama ketika magang dianggap sebagai kredit akademik menuju kelulusan. Agar magang memenuhi syarat tidak dibayar, baik pemberi kerja dan pekerja magang harus setuju bahwa magang tidak akan dibayar. Juga harus ada hubungan yang jelas antara program pendidikan magang dan tanggung jawab pekerjaan.

Meskipun sudah diatur dalam UU Ketenagakerjaan, masih terdapat peristiwa di mana pemagang tidak diberi upah atau gaji sama sekali. Ada beberapa alasan mengapa anak magang tidak memperoleh gaji, di antaranya adalah karena program magang tersebut hanya berupa nilai akademik sebagai syarat kelulusan saja bagi mahasiswa, sehingga masih belum ada peraturan secara jelas yang membahas menyangkut hal tersebut dan faktor lainnya seperti kesepakatan antar perusahaan magang dengan peserta magangnya.

Daftar Gaji Anak Magang Menurut Peraturan Menteri

Peraturan mengenai status pekerja magang telah diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2020. Dalam aturan tersebut status pemagangan mencari para pencari kerja dan pekerja untuk meningkatkan kompetensinya. Mengutip Pasal 13, anak magang atau internship setidaknya memiliki enam hak yang dilindungi negara. Berikut ini adalah hak yang dimaksud:

  1. Hak memperoleh bimbingan dari instruktur

  2. Hak memperoleh pemenuhan hak sesuai perjanjian

  3. Hak memperoleh fasilitas keselamatan dan kesehatan kerja selama mengikuti magang

  4. Hak memperoleh uang saku

  5. Hak didaftarkan dalam program jaminan social

  6. Hak memperoleh sertifikat magang atau surat keterangan telah mengikuti pemagangan.

Dari peraturan di atas kita dapat mengetahui bahwa anak magang sudah sepantasnya mendapatkan uang saku sebagai ganti atas apa yang sudah diberikan kepada perusahaan. Meskipun tidak ada angka minimal yang berhak didapatkan oleh pemagang dalam aturan tersebut, kita bisa mengetahui rata-rata uang saku atau gaji magang yang diberikan langsung.

Hak yang Didapatkan Anak Magang

Hak yang seharusnya didapatkan oleh anak magang atau karyawan magang, sudah diatur dalam Peraturan Menteri pasal 12 dan 13, yang isinya sebagai berikut:

  1. Memperoleh Uang Saku

Dalam peraturan menteri dijelaskan bahwa karyawan magang berhak memperoleh uang saku dari tempat magangnya. Uang saku tersebut mencakup biaya transport, uang makan hingga uang insentif peserta pemagangan.

  1. Memperoleh Fasilitas Kesehatan

Karyawan magang juga berhak mendapatkan fasilitas kesehatan dan tunjangan keselamatan selama bekerja. Jadi, Anda tidak perlu khawatir menjadi karyawan magang karena kesehatan dan keselamatan kerja Anda tetap ada yang menjamin.

Info Gaji Magang di Jogja

Menurut situs indeed.com, gaji rata-rata untuk magang di Jogja adalah Rp. 2,763,993 per bulan. Tetapi, perlu diingat juga itu tergantung pada perusahaan dimana Anda magang. Beberapa perusahaan ada yang menggaji karyawan magang mulai dari Rp 2 jutaan – Rp 4 jutaan. Namun, ada juga perusahaan yang memulai gaji karyawan magangnya di angka Rp 600-an ribu.

Terlepas dari nominalnya, dibayar atau tidak dibayar seorang anak magang tergantung pada kesepakatan di awal. Namun, apabila mengacu pada UUD Ketenagakerjaan Pasal 22 Ayat (2) jelas menjelaskan bahwa peserta magang berhak memperoleh uang saku atau uang transportasi saat menjalani program magang. 


Pada faktanya, ada banyak perusahaan yang membayar karyawan magangnya. Beberapa perusahaan menyadari ada nilai dalam melatih seseorang yang bisa menjadi karyawan setelah mereka lulus kuliah. Nah! Jika saat ini Anda sedang mencari tempat magang terbaik di Jogja, Anda dapat mengakses website Kami Maboor Media. Maboor Media akan memberikan Anda informasi terkait tempat magang terbaik di Jogja dan tentunya akan memberikan pelayanan terbaik Kami untuk Anda.

Profil Perusahaan Maboor Media

PT Maboor Media Group merupakan perusahaan digital marketing untuk membantu UMKM yang memiliki produk unggulan tetapi belum menguasai teknik pemasaran luas di dunia digital. Kami menggunakan sistem marketing secara digital yang akan mendukung produksi UMKM sehingga mudah dipasarkan dengan menerapkan sistem partnership / bagi hasil. Beberapa kelebihan dari Maboor Media adalah Berintegritas tinggi dalam bekerjasama dengan client, Pelayanan yang ramah dan fast respon, Memiliki standar kerja yang tinggi, Memiliki team yang profesional, Proses cepat dan transparan. 

Nah! Itu adalah beberapa kelebihan dari Maboor Media.  Untuk para pemagang yang mau Magang di Maboor Media tidak perlu bingung, karena Kami telah menyediakan beberapa posisi Magang di Maboor Media, diantaranya Customer Service, Public Relation, Content Creator, Content Writer, Administrasi, Human Resource.

Tibalah kita di penghujung artikel. Melihat bukti-bukti yang ada, sepertinya bisa diasumsikan bahwa Maboor Media sudah mulai banyak diketahui di masyarakat. Sudah banyak kalangan bisnis dari berbagai daerah yang mempercayakannya kepada kami. Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda punya ketertarikan dalam Magang? Jika iya, maka kami sarankan Anda untuk menghubungi Kami ke nomor yang sudah tertera agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik. Terima kasih sudah menyempatkan membaca, sampai jumpa lain waktu.



"Untuk Portofolio Magang Jogja bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO MAGANG JOGJA"

Untuk pelayanan Magang Jogja bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 082136106209
CS 2: 087763495837
Email: maboormedia@gmail.com

Salam hangat,