Info PKL / Prakerin Jogja untuk SMK, SMA, Mahasiswa

Pelayanan Magang Jogja, Hubungi: WhatsApp 082136106209

Info PKL  Prakerin Jogja untuk SMK, SMA, Mahasiswa

Info PKL / Prakerin Jogja untuk SMK, SMA, Mahasiswa

Hai, maaf mengganggu sebentar. Tapi apakah Anda mengalami masalah berupa pencarian tempat PKL? Iya? Maka selamat, tim kami sudah melakukan riset mengenai masalah ini, untuk itulah artikel ini dibuat. Tapi sebelum itu, selamat datang di website kami! Tempat dimana Anda bisa menemukan informasi terkini mengenai PKL di Jogja untuk SMK, SMA, Mahasiswa. Silakan Anda periksa juga pembahasan kami sebelumnya mengenai Info Internship / PKL Jogja Bisa WFH dan WFO yang bisa Anda klik di link yang tersedia sekarang juga. Baiklah, pembukaan sudah selesai, mari kita lanjut pembahasan mengenai masalah ini.

Apa yang Dimaksud dengan PKL?

Praktek Kerja Lapang (PKL) merupakan bagian dari Pendidikan Sistem Ganda (PSG), yang juga dikenal dengan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN). Prakerin mulai diterapkan di Indonesia berdasarkan Kurikulum SMK 1994 yang diperkuat dengan Kurikulum SMK 1999 dan dipertegas dengan Kurikulum SMK 2004. Hingga kini diberlakukan kurikulum SMK 2013 dimana PKL hanya 3 bulan saja.

Dapat dikatakan bahwa praktek kerja lapangan adalah tahap profesional di mana seorang siswa (peserta) yang hampir menyelesaikan studinya (pendidikan) secara formal bekerja di lapangan di bawah pengawasan seorang tutor yang memenuhi syarat pada tahap mata pelajaran tertentu. Bertujuan untuk pengembangan kekayaan wawasan dan pengalaman. PKL ini diperuntukkan di berbagai industri, termasuk arsitektur.

Apa Saja Manfaat PKL?

Manfaat Program PKL bagi Mahasiswa/Pelajar :

  1. Mempraktikkan apa yang didapatkan di perkuliahan

  2. Belajar bersosialisasi

  3. Tingkatkan kualitas diri

  4. Eksplor berbagai karir/pekerjaan

  5. Meningkatkan relasi dalam lingkungan professional

Manfaat Program PKL bagi Sekolah / Kampus

  1. Terjalinnya kerjasama antara Universitas dengan perusahaan tempat siswa PKL dan Universitas dapat meningkatkan kualitas lulusannya melalui pengalaman kerja PKL

Tips Sukses Mengikuti Program PKL

Ada beberapa tips untuk Anda yang tertarik mengikuti Program PKL.

  1. Proaktif Mencari Informasi PKL & Persiapkan Diri

Sebelum memulai PKL, Anda pastinya daftar dulu dong!

Sebelum mendaftar carilah informasi tentang perusahaan yang ingin Anda tempati. Bijaklah saat mencari informasi soal PKL. Carilah informasi tentang Program PKL yang sesuai dengan bidang keilmuan. Anda juga harus mengurus surat keterangan PKL. Lengkapi semua berkas yang diperlukan dan buat aplikasi (lamaran, CV, essay, dll) buat dengan semenarik mungkin.

  1. Melaksanakan Program PKL dengan Baik

Saat melaksanakan Program PKL, pastikan Anda mengerjakan seluruh tanggung jawab dengan baik. Apabila mendapat tugas, segera dikerjakan dan jangan terlalu lama menunda. Selain kinerja, station juga akan diperhatikan oleh perusahaan. Jangan banyak tingkah yang aneh- aneh, tetaplah sopan, ramah dengan para staf dan menjaga tata krama.

  1. Kerja dengan Sungguh-Sungguh dan Sepenuh Hati

Jika Anda diberikan tugas yang terlalu banyak, sebaiknya jangan menolak. Bekerjalah dengan sepenuh hati, dengan mengeluarkan keahlian terbaik yang Anda miliki. Jika Anda diberikan tugas yang Anda belum mengerti, jangan sungkan untuk bertanya. Selain itu Anda bisa mencari tahu sendiri di Internet tentang pekerjaan yang diberikan yang nantinya akan menambah ilmu untuk diri sendiri. 

  1. Bergaul dengan Karyawan Lain

Saat melakukan Program PKL jangan lupa untuk berbaur dengan karyawan yang lain. Selain bermanfaat untuk membuat Anda merasa nyaman dan percaya diri, hal ini juga bisa menjadi nilai plus untuk Anda yang akan membuat hasil penilaian Anda menjadi baik.

  1. Melakukan Manajemen Waktu dengan Baik

Seperti yang kita ketahui, biasanya durasi waktu untuk para siswa PKL lebih singkat dibanding dengan para pekerja tetap. Salah satu cara untuk menunjukan bahwa Anda memiliki manajemen waktu yang baik adalah dengan selalu mengumpulkan pekerjaan tepat waktu dengan hasil yang terbaik. Selain itu biasakan untuk tidak berangkat terlambat. Jika tempat Anda PKL menerapkan On-time, jangan lupa untuk selalu absen dan standby didepan laptop, jadi sewaktu-waktu atasanmu memanggil Anda sudah siap.  

Apa Saja Persyaratan PKL?

Tentunya Anda yang ingin mengikuti Program PKL harus mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan sebelum PKL, berikut adalah persyaratan yang harus dipenuhi saat akan PKL:

  1. Surat Pengantar PKL dari Sekolah / Kampus

Surat pengantar ini biasanya diperoleh di bagian administrasi sekolah / kampus. Surat ini berisi permohonan izin dari agar siswa yang bersangkutan bisa mengikuti Program PKL.

  1. Surat Permohonan PKL dari Siswa

Selain dari sekolah / kampus, beberapa perusahaan biasanya meminta surat permohonan dari mahasiswa yang bersangkutan, surat ini mirip dengan surat lamaran kerja. Tujuannya untuk mengetahui seberapa minat mahasiswa tersebut.

  1. Proposal Pengajuan PKL

Beberapa perusahaan besar biasanya mengharuskan calon PKL menyertakan proposal kedalam lamarannya. Proposal ini biasanya berisi maksud dan tujuan siswa mengikuti Program PKL di Perusahaan tersebut. 

  1. Rekap Nilai Terbaru

Rekap nilai biasanya digunakan oleh beberapa perusahaan sebagai bahan pertimbangan apakah mahasiswa yang bersangkutan bisa diterima atau tidak. 

Berapa Lama Durasi PKL?

Durasi PKL tergantung dengan kebijakan perusahaan, biasanya akan ada minimal jumlah hari/minggu/bulan. Namun umumnya masa PKL berjalan selama minimal 3 hingga 6 bulan, dan bisa diperpanjang sesuai dengan kebutuhan.


Info PKL / Prakerin Jogja untuk SMK, SMA, Mahasiswa

Setelah kita bahas mengenai pengertian PKL, manfaat/tujuan, dan syarat PKL.Tentunya kita tahu sistem pelatihan kerja PKL. Pastinya anda juga penasaran dimana sih tempat PKL di Jogja untuk SMK, SMA, Mahasiswa? Di Jogja sendiri ada tempat PKL untuk SMK, SMA, Mahasiswa. Nah! Buat kalian yang saat ini sedang dalam pencarian tempat PKL untuk melatih skill dan menambah wawasan. Anda dapat mengakses melalui Maboor Media, dimana terdapat daftar tempat PKL yang sesuai untuk Anda. Maboor Media akan memberikan Anda informasi mengenai tempat PKL terbaik di Jogja, bagaimana prosedur mendaftar, dan informasi lainnya.

Profil Perusahaan PT. Maboor Media Group

PT. Maboor Media Group merupakan perusahaan digital marketing untuk membantu UMKM yang memiliki produk unggulan tetapi belum menguasai teknik pemasaran luas di dunia digital. Kami menggunakan sistem marketing secara digital yang akan mendukung produksi UMKM sehingga mudah dipasarkan dengan menerapkan sistem partnership / bagi hasil. 

Kelebihan PT. Maboor Media Group

Kenapa harus mengikuti Program PKL di PT. Maboor Media Group? Ada beberapa kelebihan dari perusahaan Kami, berikut diantaranya:

  1. Berintegritas tinggi dalam bekerjasama dengan client

  2. Pelayanan yang ramah dan fast respon

  3. Memiliki standar kerja yang tinggi

  4. Memiliki team yang profesional

  5. Proses cepat dan transparan

Posisi PKL di PT. Maboor Media Group

Untuk para siswa PKL tidak perlu bingung, karena Kami telah menyediakan beberapa posisi PKL di PT. Maboor Media Group, diantaranya Customer Service, Public Relation, Content Creator, Content Writer, Administrasi, Human Resource.


Sudahkah membaca artikel dari kami tentang Info PKL / Prakerin Jogja untuk SMK, SMA, Mahasiswa? apakah penjelasan kami tentang PKL di Jogja untuk Mahasiswa sudah jelas? Semoga artikel yang kami tulis menambah wawasan para mitra pembaca tentang PKL dan tentunya menjadi minat dan daya tarik anda terhadap produk dan layanan kami.

Terima kasih atas waktu dan kunjungan nya.Jika anda tertarik dan ingin bertanya-tanya lebih lengkap seputar PKL anda bisa menghubungi nomor whatsapp yang tertera di website ini.


"Untuk Portofolio Magang Jogja bisa Anda cek dengan klik PORTOFOLIO MAGANG JOGJA"

Untuk pelayanan Magang Jogja bisa Anda hubungi kontak dibawah
Hubungi Sekarang Juga!
CS 1: 082136106209
CS 2: 087763495837
Email: maboormedia@gmail.com

Salam hangat,